NAPAK TILAS TUMENGGUNG RONODRONO

Makam tumenggung Ronodrono

 Ansorkalitidu.com |Napak Tilas Sejarah tentang Simbahbuyut Nokromo / Tumenggung Ronodrono


Menurut sejarah beliau dalam persembunyiannya pada masa perang saudara di kerajaan Pajang dari wilayah Rajekwesi sampai di hutan belantara Tawing.

Beliau merupakan leluhur yang patut di teladani.


Menurut riwayat yang masyhur beliau memiliki jiwa yang ikhlas, dermawan, sabar, dan penuh keberanian. Maqbaroh beliau sejak zaman dahulu di ziarahi oleh  orang-orang tertentu sebab dalam masa hidupnya mengalami persembunyian.


Barang bukti peninggalannya pun masih ada yang kini di pegang oleh yang keturunannya. Beberapa peninggalan tersebut kini berada di wilayah Kalitidu yakni berupa senjata keris dan teko kuno.

12 keturunan tumenggung ronodrono

Keturunan beliau ada 12 putra dan putri yang kini menyebar di beberapa wilayah diantaranya meliputi wilayah Wotanngare, Grebegan, Kalitidu, kebonturi, Tengger, Dander, Malo bahkan sampai wilayah Jawa Tengah dan luar pulau Jawa.



Jum'at 29 September 2023 bertempat di desa Wotangngare  RT 17 dukuh Tawing kecamatan Kalitidu Pertama kalinya diadakan HAUL oleh keturunan serta warga sekitar yang sekaligus dibarengi dengan Peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW.


HAUL petama kali ini di hadiri dari dzuriah Mbah Nokromo dari berbagai daerah seperti kecamatan Ngasem, Malo, Kalitidu, kabupaten Tuban serta pemerintah desa.

Mbah sunardi ahli sejarah simbh Nokromo


Mbah Sunardi yang juga masih sempat diberikan cerita sejarah dari bapaknya yang masih hidup di masa Mbah Nokromo atau Tumenggung Ronodrono menceritakan bahwa Si Mbah Nokromo pada masa itu termasuk kelompok yang mendirikan kabupaten Bojonegoro serta berperan aktif dalam perlawanan terhadap para penjajah.

KH.Sochib shoim 


KH. Sochib Shoim dari pengasuh pondok pesantren Nurul Falah Balongsumber Dander Bojonegoro  yang juga dari dzuriah Mbah Nokromo dari jalur keturunan Mbah buyut Tarip Sowinangun berpesan agar kita semua merawat makam si Mbah kita agar jalur silaturrahim antar dzuriah akan tetep terjaga dengan baik.

Dzuriah si mbah nokromo tumenggung ronodrono


Turut hadir habib muchsin 

Banser ikut serta dalam pengamana kegiatan Haul

Antusias warga tawing desa wotanngare

Vidio dokumentasi klik disini

Vidio Tausiyah KH.Sochib shoim Klik disini

Posting Komentar

0 Komentar